Tips Penyimpanan Mikroskop Yang Benar, Agar Mikroskop Anda Awet

Daya tahan suatu alat akan sangat bergantung pada cara pemakaian dan cara kita merawatnya, apabila kita selalu sembarangan tentu suatu alat akan menjadi cepat rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Salah satu alat yang membutuhkan perawatan khusus adalah mikroskop. Alat yang digunakan untuk mengamati organisme mikro ini biasanya akan mudah rusak bila kita tidak tahu tata cara penyimpanan mikroskop yang benar.

Mendapatkannya memang mudah, kita hanya cukup datang ke tempat jual mikroskop dan membelinya, namun agar alat ini tetap awet dan tahan lama, itulah yang memerlukan tips dan trik tersendiri.

Oleh karena itu berikut saya berikan beberapa tips bagaimana menyimpan mikroskop yang baik dan benar agar tetap awet:

Simpan Di Lemari Khusus Mikroskop

Mikroskop sangat rentan sekali terhadap debu dan kelembaban udara yang tinggi, oleh karena itu usahakan anda menyiapkan sebuah lemari khusus yang hanya digunakan untuk menyimpan mikroskop. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya kontaminasi zat kimia seperti karat, yang mungkin terjadi apabila disimpan bersama barang-barang lain. Disarankan pula menggunakan lemari berbahan dasar kayu dengan dilengkapi kaca agar cahaya tetap bisa masuk.

Jaga Kelembaban Udara Di Dalam Lemari Mikroskop

Anda bisa menggunakan lampu pijar untuk menjaga kelembaban udara di dalam lemari, lampu ini nantinya berfungsi menaikkan suhu dan mengurangi kelembaban, masalah daya lampu bisa disesuaikan dengan ukuran lemari yang digunakan. Dan untuk mengukur tingkat kelembaban bisa menggunakan higrometer. Harus diingat bahwa kelembaban untuk tempat penyimpanan mikroskop tidak boleh melebihi 80%. 

Tutup Mikroskop Dengan Plastik

Hal ini dilakukan untuk melindungi mikroskop dari debu, jenis plastik yang bagus adalah plastik silikon atau plastik pembungkus bawaan yang ada saat pertama kali membeli. Gunakan pula plastik yang berwarna bening agar tetap bisa terkena cahaya.

Simpan Secara Rapi

Mungkin ini terdengar sepele namun akan sangat fatal akibatnya jika kita mengabaikannya, karena mikroskop yang tidak disimpan rapi akan menyulitkan ketika kita ingin mengambilnya, bahkan ada kemungkinan tersenggol dengan mikroskop yang lain hingga berakibat lecet atau jatuh. 

Jauhkan Dari Bahan Kimia

Karena bahan kimia bisa menyebabkan terjadinya korosi dan karat pada bagian mekanik mikroskop selain itu juga bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada lensa. 

Selalu Bersihkan Dan Kembaikan Ke Tempatnya Setelah Digunakan

Inilah hal yang paling sering dilupakan, karena alasan waktu dan kesibukan biasanya setelah digunakan langsung dibiarkan begitu saja. Padahal jika ingin tetap awet mikroskop harus selalu dibersihkan setelah digunakan terutama pada bagian lensa, karena dikhawatirkan ada bekas minyak emersi yang masih menempel, kemudian posisikan lensa objektif pada posisi yang paling rendah dan atur makrometer agar ada jarak cukup jauh antara meja pengamatan dengan lensa objektif. Terakhir tutup dengan plastik dan kembalikan lagi ke lemari penyimpanan.

Mungkin kita sering mendengar perkataan bahwa menjaga lebih baik dari mengobati, dalam hal ini juga sama, bahwa menjaga lebih baik dari pada membeli lagi di tempat jual mikroskop.

Leave a Reply